Rabu, 02 Januari 2013

Penyebab Bayi Kurang Tidur


Pola tidur bayi meskipun kelihatannya sepele, namun apabila bayi kurang tidur bisa menyebabkan perkembangan jiwa nya terganggu, kecerdasanya menurun dan konsentrasi nya bisa terus berkurang. Bayi membutuhkan waktu tidur antara 16 sampai 20 jam per hari..
Dibawah ini ada beberapa penyebab mengapa bayi biasanya susah tidur, simak ya Bun..

1. Suasana ruang yang kurang nyaman
Bisa terlalu panas atau terlalu dingin idealnya suhu ruangan untuk bayi adalah 25 derajat celcius, selain suhu bisa juga karena ruangan yang pengap karena buruknya sirkulasi udara atau bisa juga karena ruangan yang kurang bersih, biasakan ruangan kamar tidak terang pada saat bayi tidur di malam hari, selain bayi tertarik oleh sinar lampu hal ini juga melatih bayi untuk bisa membedakan antara siang dan malam sehingga lambat laun dia akan terbiasa untuk tidur manakala suasana mulai gelap.

2. Gigitan serangga
Karena ruangan yang kotor bisa saja bayi terkena gigitan semut atau serangga lainnya bahkan bisa juga karena gigitan nyamuk, kalau kulit bayi tidak terlalu sensitif dapat memakai lotion anti serangga khusus bayi atau bisa juga mengguanakan kelambu.

3. Ruam popok
Hal yang satu ini seringkali terjadi pada bayi, tidak berbahaya tapi cukup menggangu kenyamanan tidur bayi karena terasa pedih atau gatal, usahakan untuk mengganti popok sesering mungkin, jangan biarkan bayi dalam keadaan basah karena pipis atau lebih gawat lagi kalau BAB, jangan terlalu sering menggunakan diapers, basuh dengan air hangat atau menggunakan waslap setiap kali akan mengganti popok atau diapers, jangan lupa gunakan cream anti ruam popok.

4. Lapar
Susui bayi pada saat menjelang waktu tidur, jangan pernah membiarkan bayi tertidur terutama dimalam hari dalam keadaan lapar, atau bisa juga memberikan makanan pendamping ASI sesuai usianya (inget bun, makanan pendamping ASI hanya diberikan untuk usia bayi lebih dari 6 bulan yaa).

5. Kelelahan
Seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami kelelahan akibat bepergian yang terlalu lama atau keseringan di gendong.

6. Merasakan sakit
Adakalanya bayi mengalami sakit perut akibat dari susu formula yang sudah terlalu lama atau dari ASI yang terkontaminasi, lebih parahnya lagi bisa juga si kecil terserang kolik (seperti nyeri pada perut), oleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada perut bayi secara perlahan-lahanuntuk mengurangi rasa sakitnya.
Pada usia 8 bulan seperti proses tumbuh gigi juga bisa menyebabkan bayi sulit tidur karena demam akibat gusinya yang terdorong oleh pertumbuhan gigi bayi.
Untuk mengatasinya usahakan mengatur pola tidur bayi secara rutin setiap hari dan jaga mood kita selaku orang tua karena mau tidak mau hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bayi kesayangan kita.

Template by:

Free Blog Templates